Posted by : Rasyid Miftahul I Minggu, 14 April 2013



  
Teori atom modern mengacu pada tiga partikel dasar atom, yaitu elektronproton, danneutron. Sekarang kita mempelajari teori atom Niels Bohr karena teori inilah yang paling mudah untuk dipahami dan paling populer.


     Teori Atom Niels Bohr berbunyi sebagai berikut.
a  Atom terdiri dari sebuah inti atom yang dikelilingi oleh satu atau beberapa elektron.

b  Inti atom terdiri dari nukleon, yaitu proton yang bermuatan listrik yang positif dan neutron yang bermuatan netral (tidak bermuatan listrik). Massa atom paling besar terdapat pada inti atom. Elektron yang mengelilingi inti atom mempunyai massa yang relatif jauh lebih kecil daripada massa inti atom.

c  Saat mengelilingi inti atom, elektron-elektron menempati suatu orbit atau lintasan tertentu yang dikenal dengan nama kulit atom. Atom bermassa besar akan memiliki jumlah elektron yang relatif lebih banyak pula.

d  Tiap-tiap kulit atom mempunyai batasan jumlah maksimum elektron yang dapat menempatinya.

e  Kulit atom suatu unsur diberi nama kulit K, L, M, N dan seterusnya sesuai dengan jumlahelektron.

f.  Pada atom yang netral, jumlah muatan positif  sama dengan jumlah elektron yang mengelilinginya.

g.  Jika sebuah atom kehilangan satu atau beberapa elektron, atom akan kelebihan muatan positif dan atom ini akan menjadi ion positif. Ion adalah atom yang bermuatan listrik.

h.  Jika sebuah atom menangkap satu atau beberapa elektron, atom akan kelebihan muatan negatif dan atom ini akan menjadi ion negatif.

     Teori atom secara lengkap belum seluruhnya tertuang dalam 8 poin teori diatas. Akan tetapi, 8 poin diatas sudah cukup untuk memberi gambaran kepada kita tentang pengertian atom.

Leave a Reply

-Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik
-Jangan Berkata Kotor
-Enjoy

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Keselek Ayam - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -