Rasyid Ihsan's

Stories

Marhaban Ya Ramadhan

Leave a Comment

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Ramadhan tiba, ramadhan tiba, ramadhan tiba, Marhaban Ya Ramadhan, Marhaban Ya Ramadhan!


Ya! Besok adalah hari pertama puasa! Lebih tepat puasa tahun 1437 Hijriah. Ga terasa udah setahun yang lalu kita ketemu bulan puasa, dan sekarang ketemu lagi. Bulan puasa ini emang bulan yang penuh berkah ya, cuma di bulan puasa ada yang namanya solat Tarawih, cuma di bulan puasa pintu neraka di tutup, cuma di bulan puasa para setan terkutuk dibelenggu, dann masih banyak lagi keutamaan bulan puasa.

Puasa tahun lalu gue ke Pekanbaru karena nenek gue wafat, sedih sih. Di sono itu banyak keluarga dari ayah gue alhasil puasa gue jadi ga ngebosenin! Gue inget kalo abis sahur gue dan sanak2 gue langsung ke mesjid agung Pekanbaru, kebetulan rumah nenek gue deket dengan tu mesjid. Abis sholat subuh kita gak langsung balik, kita ngadem bentar di dalem mesjid wkwk karena entu mesjid dingin bangettt, dan juga di rumah nenek gue gak ada ac jadi gapapalah nyicip ac mesjid.

Ngadem sih ngadem, tapi karena terlalu nikmat jadi ketiduran! Kite selalu ketiduran kalo ngadem di sono terus bangun bangun udah jam 8 pagi wkwk. Biasanya yang telat bangun itu si Surya, dia emang kalo tidur kayak kebo, susah dibangunin.

Abis tidur kita main2 dulu di mesjid, sekedar lari-larian ato nggak keliling mesjid pake motor, duh nostalgia :(. Pukul sepuluh kita udah balik kerumah buat mandi, biasanya kita nonton ato nggak main apa gitu. Pukul 12 lewat dikit kita balik lagi ke mesjid buat solat zuhur, nah abis solat zuhur kita ngadem lagi di mesjid soalnya di udara panas.

Ashar kita di mesjid juga, nah kalo abis ashar kita maen sambil nunggu buka, kalo udah pukul 5 lewat 45 kita langsung cabut cari bahan buat buka, biasanya sih sejenis es buah gitu, ato nggak sala lawuak. Sala lawuak itu enak bangett, bentuknya bulet kecil, ngegemesin tapi sayang harus dimakan wkkw, rasanya gurih, dan murah.

Nah kalo maghrib kita solat dirumah karena ga sempet lagi buat ke mesjid. Isya' langsung cabut ke mesjid buat sola taraweh, nah kalo udah taraweh biasanya kita keliling mesjid, kakak sepupu gue namanya bang Rahmat katanya bisa liat makhluk2 gaib, jadi kita keliling mesjid buat nakut-nakutin sodara2 gue yang masih kecil. Alhasil pada kabur semua setelah ditakut-takutin :v. Bahkan sodara gue yang udah SMP aja langsung lari.

Ya kira2 begitulah puasa gue tahun lalu, semoga puasa tahun ini lebih baik dari tahun kemaren, Aamiin. Akhir kata Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah ia berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jia ia tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Al Baqarah: 183-184).
Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

-Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik
-Jangan Berkata Kotor
-Enjoy